STITAL SEMAKIN BAIK, TIDAK LEPAS DARI PERAN MANAGEMEN YANG BAIK.

adminstital | 19 Oktober 2018 | 0 | Warta Kampus

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy (STITAL) Galis Bangkalan sudah lebih sepuluh tahun berdiri, sebagai perguruan tinggi yang mempunyai banyak saingan khususnya di Kabupaten Bangkalan, STITAL terus berbenah diri dan terus berupaya guna meningkatkan kualitasnya.

Berbagai hal dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy (STITAL) Galis Bangkalan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pelayannannya terhadap mahasiswa dan nilai tawar terhadap calon mahasiswa. Maka dari itu pengelolaan pendidikan menjadi sangat penting, dimana pertumbuhan dan perkembangan lembaga pendidikan dipengaruhi oleh kemampuan administrator dalam melakukan scaning lingkungan eksternal, kompetitor lembaga lain, memperhitungkan kompetensi internal, harus dapat menciptakan strategi yang mempuni untuk memenangkan persaingan tanpa meninggalkan esensi dari pendidikan itu sendiri.

Pengelolaan pendidikan harus menyongsong peluang yang muncul dan sekaligus tanggap terhadap tantangan yang menghadang. Manajemen mengalami perubahan dari sekedar melayani proses pendidikan menjadi bagaimana membuat pemakai pendidikan diubah menjadi pelanggan pendidikan, dimana pelanggan pendidikan akan memberikan loyalitas yang tinggi untuk tidak bisa berpaling pada lembaga lain. Maka dari itu dalam rangka membangun strategi guna meningkatkan kualitas dan meningkatnya jumlah mahasiswa baru, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan melakukan upaya-upaya yang strategis.

Drs. KH. Walid Sja’rani. M.Si selaku ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan menjelaskan bahwa dalam meningkatkan kualitas dan meningkatkan jumlah mahasiswa baru tidak lepas dari konsep dan manajemen pengelolaan kampus yang mulai ditata dan tertata dengan baik:
“Untuk meningkatkan kualitas juga bagaimana menggait mahasiswa baru, kami perlu banyak melakukan cara untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. Termasuk konsep manajemen pemasaran kampus kami. Oleh karena itu, semua pihak yang ada di bawah naungan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan ikut andil dalam merealisasikan semua itu baik pihak civitas akademik, para dosen, staf bahkan para mahasiswa dan para alumni”.
Konsep management yang direalisasikan oleh STITAL antara lain: Pertama, membentuk team, Sebelum menjalankan atau terjun ke lapangan dan eksekusi, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan membentuk team marketing. Memang pada saat ini dirasa sangat penting untuk sebuah kampus untuk memiliki team marketing, karena dengan adanya pusat marketing kampus, pemasaran dan promosi jadi lebih terorganisir dan tertuju pada sasaran yang tepat. Team ini selain dari pada pihak civitas yang memang menyetir penuh proses pemasaran, team marketing Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan juga menggandeng para pengurus BEM, alumni juga para mahasiswa, dengan tujuan memudahkan segala macam bentuk pemasaran yang sudah dipetakan dan disusun rapi sebelumnya oleh semua team marketing kampus.

Kedua, yaitu dengan menciptakan, mendekatkan diri dan memperkenalkan brand. Tentu tidaklah mudah untuk menciptakan brand atau citra yang baik terhadap masyarakat tentang Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan, diperlukan banyak strategi dan bukti yang nyata terhadap masyarakat.
Bapak Mujiburrohman, M. Pd. I selaku Wakil Ketua III di STIT Al-Ibrohimy sekaligus yang menjadi panitia penerimaan mahasiswa baru tahun 2017-2018 menjelaskan:
“Alhamdulillah untuk saat ini brand yang kita punya mulai bisa kita dengungkan, selain dari pada meningkatkan pelayanan yang baik terhadap mahasiswa, kita juga banyak menfasilitasi teman-teman mahasiswa yang memiliki bakat dengan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa, dan ini yang sering kita ungkapkan pada saat sosialisasi, dan hal ini juga yang menjadi daya tarik terhadap calon mahasiswa baru. Selain itu brand yang kita tawarkan juga adalah masalah biaya yang bisa kita katakan bahwa di kampus kami Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan Ini sangat murah. Dan alhamdulillah hal ini yang juga menjadi alasan utama mereka masuk ke kampus ini. Selain itu juga karena lokasi kampus ini juga strategis, dan mudah untuk dijangkau semua kalangan.”
Bapak Moh Jamaluddin Imron, M. Pd juga menambahkan:
“Kami disini memang terus berupaya meningkatkan kualitas kami, baik dari sarana maupun lainnya. Tidak hanya tiga prodi ini yang kita upayakan, tapi dalam waktu dekat ini kami juga akan berusaha menambah prodi baru. Insyallah aka nada tiga prodi baru lagi. Nah, hal ini kami lakukan guna menciptakan brand itu sendiri selain dari pada peningkatan kualitas kami untuk terus berusaha memenuhi standart untuk merubah nama dari sekolah tinggi menjadi institute. Do’akan saja”.
Apa yang dijelaskan oleh keduanya di atas menunjukkan bahwa memang ada beberapa cara agar bagaimana bisa menciptakan brand dan membuat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan ini layak dipilih dan dijadikan alasan mahasiswa kenapa harus memilih kampus ini. Dari penjelasan diatas Jadi bisa tarik benang merahnya, bahwa brand yang diunggulkan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy antara lain adanya banyak pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa yang meliputi teater, lembaga pers mahasiswa, pencak silat, Al Banjari dan olahraga. Selain itu Lokasi Kampus yang Strategis dan Aman, dan biaya kuliah yang sangat terjangkau.
System managerial yang baik tentu tidak hanya sebatas planning atau perencanaan belaka. Tapi bagaimana mengimplementasikan atau merealisasikan semua itu agar apa yang menjadi tujuan dan keinginan awal bisa tercapai dengan baik. Keberhasilan STITAL sejauh ini tidak bisa kita tampik bahwa semuanya karena memang semua konsep menegerial dan semua upaya benar-benar direalisasikan.

Tentu tidak hanya akan puas sampai saat ini, karena STITAL terus saja tidak henti-hentinya berusaha keras meningkatkan kualitas guna tercapainya Visi awal, yaitu Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang “Mandiri, Profesional dan Kompetitif”

 

Related Posts

PENGUMUMAN

Kalender Akademik

Internal Link

Pos-pos Terbaru

Sekretariat

JL. Raya Galis No. 03 Galis Bangkalan
Kode Pos 69173
Contact: 082331474019, 085334975154

 

Pengunjung