Herregestrasi (Daftar Ulang) dan Program Kartu Rencana Studi (KRS) Semester Genap Tanggal 5 – 9 Februari 2020 | STITAL MENERIMA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2020-2021 GELOMBANG I : 01 APRIL 2019 - 28 JUNI 2020 GELOMBANG II : 1 JULI - 23 AGUSTUS 2020
Selamat datang di situs Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Bangkalan (STITAL)

Kami merasa terhormat atas kunjungan Anda, semoga Anda tertarik untuk terus

dapat memanfaatkan situs ini dalam mencari dan memperoleh informasi dari kami.

MENGGUGAH PERAN PEMUDA MADURA LEWAT STUDIUM GENERAL

Bangkalan: – Rabu, (19/02/2020) STIT Al Ibrohimy Kembali mengadakan Studium General atau Kuliah Umum dengan Tema “Peran Pemuda Dalam Pembangunan Madura” yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa dari tiga prodi dan beberapa tingkatan semester, Dosen, serta Seluruh Civitas Akademika STIT Al Ibrohimy Bangkalan.

Bertempat di Aula Kampus, Acara dihadiri juga oleh Fauzan Jakfar (Ketua KONI Bangkalan) sebagai Keynote Speaker dan Abdul Halim, SH. MH. (Anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi Gerindra) sebagai narasumber.

Acara Studium General adalah kegiatan awal masuk kuliah yang rutin diadakan oleh STIT Al Ibrohimy Bangkalan . Selain itu, hal ini menjadi kegiatan awal untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan ilmu yang baru.

Kegiatan ini diawali dengan Opening Ceremony dengan diisi sambutan oleh Ketua Stital, Drs. KH. Walid Sja’rani, M.Si, dan Wakil ketua III, Mujiburahman, M.Pd.I, serta diselingi dengan penampilan beberapa UKM,. Seperti Paduan Suara Mega Gutawa, Seni Tari Oleh UKM Teater SEMUT dan Pencak Silat UKM Seni Beladiri JOKOTOLE.

Dilanjutkan dalam Kegiatan ini, yakni penyampaian materi dalam Studium General tentang Peran Pemuda Dalam Pembangunan Madura, dengan suasana forum yang interaktif. Terbukti dengan beberapa kali tanya jawab antara pemateri dengan para mahasiswa sebagai Audience berlangsung sangat antusias.

Pemateri sangat lugas dalam penyampaiannya terutama ketika menyinggung tentang Perpres No. 80 tentang Percepatan Pembangunan di daerah Gerbang Kertosusila, dan Bangkalan termasuk diantara fokus prioritas pembangunan tersebut. Dengan penyampaian Perpres tersebut, SDM harus siap dengan segala aspek kemampuan untuk menyambut Perpres tersebut dan berkontribusi dalam pembangunan, terutama dalam sektor pendidikan.

Pemateri juga sempat membuat Para Mahasiswa tercengang dengan memaparkan data-data tentang wacana pembangunan, terutama di Bangkalan yang akan mendapatkan sekitar 70% dari Anggaran untuk pembangunan di Madura dalam lima tahun kedepan. Antara lain, Pembangunan Indonesia Islamic Science Park di daerah Tangkel dan Pengaktifan kembali jalur Kereta Api Bangkalan-Sumenep. Sungguh membuat para audiens mendapatkan pengetahuan baru dan bekal yang baik.

” Maka kita sebagai pemuda harus mampu berkontribusi dalam proses pembangunan kedepan. Karena dengan Perpres tersebut, pembangunan terutama di Kabupaten Bangkalan akan mengalami kemajuan dengan beberapa fokus di beberapa titik. Pemuda harus berkontribusi dalam hal ini, tak terkecuali dalam pendidikan” Petikan kalimat tegas beliau saat penyampaian materi.

Apa yang disampaikan oleh pemateri juga selaras dengan yang disampaikan oleh Ketua STIT Al-Ibrohiny, Drs. KH. Walid Sja’roni, M.Si. Beliau menyampaikan kebanggaannya terhadap narasumber sebagai pemateri dan wakil rakyat yang sangat peduli dengan segala hal tentang pembangunan dan pengembangan SDM Madura, terutama pembangunan dibidang pendidikan.

” Saya bangga terhadap anggota Dewan sebagai perwakilan masyarakat yang peduli terhadap pembangunan, terutama pendidikan ” Tutur beliau.

Lebih lanjut beliau juga mengatakan bahwa berbicara tentang Pemuda berarti berbicara tentang Sumber Daya Manusia. Termasuk Pendidikannya juga harus dibangun. Maka STITAL mengambil langkah untuk berkontribusi dalam pembangunan Madura dibidang penyiapan SDM.

” STITAL Akan berperan dalam percepatan pembangunan Madura, dengan aktivitas kampus yang sangat progresif. Itu akan berkontribusi dalam pembangunan Madura, dari sisi SDM meski bukan dari infrastruktur ” Pungkasnya.

Selaku Mahasiswa, Saudari Hariroh yang juga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIT Al Ibrohimy Bangkalan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang baik dan sangat efektif untuk merefresh otak mahasiswa setelah kembali dari masa liburan.

” Kegiatan ini adalah hal yang baik untuk merefresh mahasiswa setelah liburan. Dengan mendatangkan para tokoh, itu akan memberikan motivasi tersendiri. Kegiatan ini sangat baik, untuk memulai awal kegiatan masuk kelas yang mana selalu mengangkat tema yang bagus. Dan tema kali ini cocok untuk mahasiswa dan Pemuda, apalagi Pemuda Bangkalan ” Tandasnya. (Bd)