STITAL MENERIMA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2024-2025 SECARA ONLINE #GELOMBANG I : 01 MARET 2024 - 31 MEI 2024 #GELOMBANG II : 01 JUNI - 31 JULI 2024 #GELOMBANG III : 01 AGUSTUS - 15 SEPTEMBER 2024
Selamat datang di situs Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Bangkalan (STITAL)

Kami merasa terhormat atas kunjungan Anda, semoga Anda tertarik untuk terus

dapat memanfaatkan situs ini dalam mencari dan memperoleh informasi dari kami.

Prodi PGMI

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

VISI :

Terselenggaranya Pendidikan Keguruan Profesional, Kompetetif dan berdaya Saing Global ditahun 2025

 

MISI :

Menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan guru yang profesional dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam melaksanakan pembelajaran.

  1. Mengembangkan teori-teori kependidikan dan keguruan melalui kegiatan pembelajaran dan penelitian yang nantinya dapat digunakan dalam praktek pendidikan.
  2. Mengupayakan praktek keguruan sebagai bagian yang didasarkan pada teori- teori, pendekatan dan strategi pembelajaran.
  3. Mengoptimalkan kompetensi guru berupa kompetensi paedagogik, profesional, personal, dan sosial sebagai syarat/ kualifikasi untuk menjadi guru yang profesional.
  4. Memperluas dan memperkuat jaringan kerjasama dengan instansi/institusi Swasta dan lembaga swasta dengan memperhatikan prinsip kemitraan dan kebersamaan.
  5. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan program ini yang siap melaksanakan tugas dan fungsi sebagai tenaga guru/ pendidik yang profesional di Madrasah Ibtidaiyah
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang memilki kemampuan didaktik metodik pada setiap jenjang pendidikan formal di Madrasah Ibtidaiyah
  3. Menghasilkan pengembangan teori-teori keguruan kependikan sehingga menghasilkan pendekatan, starategi pembelajar.
  4. Menghasilkan pengabdian pada masyarakat yang bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan manajemen dan kependidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  5. Memperkuat jaringan kerja sama melalui program-program kemitaraan dan pemagangan dengan instansi-instansi pemerintah dan lembaga swasta.
  6. Mengembangkan nilai-nilai, etika dan moral keguruan dan kependidikan yang harus dijiwai di praktekkan oleh seorang guru, sebagai upaya menjaga citra dan kharisma guru;

 

Strategi Program Studi PGMI : 
Adapun strategi pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran prodi PGMI dibagi menjadi tiga aspek tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu:

Aspek Pendidikan dan Pengajaran, meliputi:

  1. Menerapkan model pembelajaran;
  2. Mengembangkan kurikulum mengarah pada kurikulum merujuk KKNI;
  3. Menjalin kemitraan untuk meningkatkan keterampilan atau kapasitas mahasiswa sesuai keilmuan PGMI;
  4. Menyiapkan sumber belajar berupa literatur dan pustaka yang dibutuhkan sesuai dengan bidang keilmuan;

Aspek Penelitian, meliputi:

  1. Mendorong para dosen melaksanakan penelitian minimal sekali dalam setahun, baik melalui dana mandiri, Lembaga, atau dana dari luar perguruan tinggi dengan menggunakan pola kerjasama dengan pihak ketiga;
  2. Mengharuskan dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel di jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional atau terindeks.
  3. Mengalokasikan anggaran penelitian bagi dosen dan mahasiswa atau kolaboratif dalam Rencana Kerja dan Anggaran Belanja program studi maupun UPPS.
  4. Menerbitkan jurnal program studi yang memenuhi kriteria terindeks atau terakreditasi;
  5. Menyeleksi hasil penelitian dan tugas-tuga perkuliahan mahasiswa untuk dimasukkan ke dalam jurnal ilmiah;

Aspek Pengabdian Masyarakat, meliputi:

  1. Mengintegrasikan program pengabdian kepada masyarakat ke dalam programperkuliahan;
  2. Merancang kegiatan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan mahasiswa;
  3. Mengalokasikan anggaran pengabdian kepada masyarakat pada RAB STIT AlIbrohimy Bangkalan;
  4. Mengharuskan dosen terlibat secara aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggalnya;
  5. Mencari peluang kerjasama dengan pihak lain dalam bidang pengabdian kepada masyarakat;
  6. Menempatkan mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi keilmuannya;

 

PROFIL LULUSAN PGMI

1. Pendidik dan Guru Kelas Pendidikan Dasar

Pendidik  pada jalur formal (SD, MI, Ula dan yang sederajat) dan non formal (Madin)  yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah.

2. Pengelola Lembaga Pendidikan Dasar

Mampu mengelola lembaga pendidikan Dasar, menguasai Pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan Serta mampu menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak.

3. Asisten Peneliti Pendidikan Islam

Asisten Peneliti yang mampu Mencemati, mengambil sampel, dan Mengolah data menegenai permaslahan di bidang pendidikan islam

4. Penulis Buku Buku Pendidikan Dasar

Penulis dalam bidang pendidikan Dasar yang produktif, kreatif, inovati dan Disiplin serta mampu memasarkan Produk  baik kepada para produsen maupun langsung kepada konsumen.

Translate »